Sejarah Asal Mula T-Shirt

T-Shirt merupakan pakaian yang berjenis kaos oblong sering digunakan orang saat sedang santai, beristirahat setelah bekerja atau digunakan untuk berolahraga. Kaos ini mulai menjadi trend di kalangan anak muda pada khususnya. Apalagi saat ini tersedia jasa sablon kaos sehingga anda bisa membuat sendiri design yang cocok sesuai keinginan. Umumnya kaos oblong ini berlengan pendek (hingga sepanjang siku) dan berleher bundar.  

Pernahkah terlintas di benak anda dari mana asal mula T-Shirt ini? Awalnya kaos ini digunakan sebagai kaos dalam bagi tentara Amerika dan Inggris pada abad 19 hingga abad 20. Namanya sendiri merujuk kepada bentuknya yang menyerupai huruf T saat dibentangkan di lantai atau di tempat yang rata. Kemudian ada juga pendapat bahwa T-Shirt merupakan singkatan dari training shirt. 

Meski awalnya digunakan oleh Tentara Amerika dan Inggris, pada tahun 1947 kaos ini mulai mendapatkan tempat di kalangan masyarakat umum dan namanya menjadi cukup populer. Menurut sejarah, kaos ini dikenalkan oleh dua orang yang bernama Marlon Brando dan James Dean. Dipopulerkan saat mereka berdua pentas dan acting, dengan kata lain menjadi busana panggung.
Baju Kaos. (foto: jagodesain.com)
Di tahun 1947 juga terjadi polemik bahwa kaos oblong dinilai tidak sopan dan tidak beretika, produksinya sempat ingin diberhentikan. Polemik tersebut terus berkembang dan menaikkan citra dan popularitas kaos oblong. Tibalah pada tahun 1961, Underwear Institute menuntut agar kaos oblong diakui sebagai pakaian yang sopan untuk sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, kaos oblong atau T-Shirt mulai berkembang pada awal tahun 1970 dan bentuknya masih konvensional. Warnanya putih dengan bahan katun yang halus dan tipis. Brand yang terkenal pada masa ini adalah Swan, Cabe Rawit, Kembang Manggis dan 77. 

Menginjak tahun 1980, muncullah industri kreatif dengan menawarkan design unik dan menarik. Brand yang terkenalnya adalah C59, Joger dan Dagadu Jogja. 

Sepertinya tahun 1990 menjadi awal semakin maraknya dan dominasi kaos oblong di pasar fashion Indonesia hingga kini. Design, bahan dan harganya semakin bersaing sehingga masyarakat bisa memilihnya sesuai keinginan. Semoga Bermanfaat. 
Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar