Keadaan Penduduk Nigeria

Pada kesempatan ini, tidak ada salahnya jika kita mengetahui keadaan penduduk Nigeria. Ulasan artikelnya memang sedikit berbicara mengenai Geografi, tapi ini bisa menambah pengetahuan juga. Akhir-akhir ini kita mengenal Nigeria karena bencana kelaparan, wabah penyakit dan problem lain yang sedang dihadapinya. Bahkan mungkin kamu juga pernah memberikan donasi untuk Nigeria sebagai bentuk bantuan kemanusiaan. Hal ini bagus agar sensitivitas sosial kita tetap dijaga dan saling tolong menolong. 

Jumlah penduduk Nigeria pada tahun 2004 mencapai 133,9 juta jiwa. Tidak heran, jumlah tersebut menempatkan Nigeria menjadi Negara Berpenduduk Terbesar di Afrika, atau berada di urutan ke-9 di dunia. Angka 2,8% per tahun merupakan angka yang menunjukkan tingkat pertumbuhan penduduknya. Diprediksi penduduk Nigeria akan berjumlah 2 kali lipat jika angka tersebut tidak menurun, yakni hanya dalam kurun waktu 25 tahun ke depan. Kepadatan penduduknya terkonsentrasi di wilayah selatan Nigeria seperti Daerah Lagos, Abuja, Benin, Ogbomosho, Ibadan, Kaduna dan Port Hacourt. Angka kepadatan penduduknya mencapai 121 jiwa/km².

Sebagian besar penduduknya berkulit hitam. Menurut sejarah, orang arab masuk ke Lembah Chad dan menyebabkan terjadinya percampuran ras. Di bagian selatan juga terjadi percampuran ras, terutama di Calabar, Abonnema dan Warri. Daerah tersebut menjadi tujuan bagi para pedagang dari Eropa dan Timur Tengah sejak lama. Bahasa resminya menggunakan bahasa inggris dan menganut agama islam, Kristen dan sebagian animism.
(foto: bellanaija.com)
Karena Nigeria berada pada wilayah titik temu arus migras transcontinental dari berbagai arah, maka perbedaan etnis atau suku bangsa pun lebih beragam. Setidaknya terdapat kurang lebih 200 etnis. Setiap suku bangsa memiliki budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Ada 4 suku bangsa yang paling besar yakni Hausa, Yoruba, Ibo dan Fulani. Keempat suku bangsa itu tersebar di berbagai wilayah. Hausa dan Fulani berada di wilayah utara, Yoruba di wilayah barat daya, Ibo di wilayah timur. 

Penduduknya bekerja di sektor pertanian, hampir 70% mereka terjun di bidang pertanian cokelat, kelapa sawit, karet dan kapas. Hasil pertaniannya pun banyak diekspor ke Negara lain, komoditas unggulannya adalah kapas dan kelapa. Namun kawasan hutan Nigeria mengalami kerusakan hampir 40% dari keseluruhan. Meski penduduknya bekerja di sektor pangan, Nigeria belum mampu memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Selain itu, ketahanan pangan Nigeria masih rentan, sehingga banyak kejadian kelaparan di berbagai daerah di Nigeria. Kekeringan juga bisa menyebabkan bencana kelaparan di Nigeria karena penduduk gagal panen.

Bencana kelaparan tersebut mengundang simpati dari berbagai Negara memberikan donasi untuk Nigeria dalam memulihkan situasi dan kondisi penduduknya. Semoga Bermanfaat.                                                                                                 
Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar