Yuk Pelajari 5 Syarat Sah Puasa Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam menjelang hari kemenangan Idul Fitri. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dengan adanya 5 Syarat sah puasa yang harus dipenuhi terlebih dahulu.5 syarat ini sangat penting harus dimiliki semua umat Islam sehingga segala ibadah yang dilakukan terutama puasa bisa dijalankan dengan sah.

Adapun 5 syarat sah tersebut meliputi Islam, menahan hawa nafsu (segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa), suci dari haid dan nifas, mumayyiz, dan yang terakhir adalah niat. Berikut ini akan dijelaskan lebih mengenai 5 perkara tersebut sehingga bisa jadi bahan ilmu pengetahuan Anda untuk mempersiapkan diri menjelang puasa Ramadhan yang hanya tinggal menghitung hari saja.
Yuk Pelajari 5 Syarat Sah Puasa Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi.
Syarat sah yang pertama adalah Islam. Untuk anda yang mau berpuasa Ramadhan maka Anda harus beragama Islam karena sesungguhnya puasa Ramadhan hanya wajib untuk umat Islam. Jika yang berpuasa adalah yang tidak beragama Islam maka puasanya dianggap tidak sah dalam ibadah bulan suci Ramadhan. Jika puasa ini juga dilakukan oleh seorang mualaf atau seorang yang baru menjadi muslim, maka bisa ia juga sudah dianggap sah karena sudah jadi seorang muslim. 

Untuk syarat yang kedua adalah menghindari segala yang bisa membatalkan puasa. Kuncinya adalah dengan menahan segala hawa nafsu untuk memperkuat salah satu Syarat sah puasa ini. Contoh hal yang bisa membatalkan puasa adalah makan, minum, bahkan mengeluarkan mani dengan sengaja. Untuk orang yang sengaja melakukan hal bersetubuh maka sebagai penggantinya ia harus memberikan 60 orang sebagai fidyah atau bisa berpuasa selama 2 bulan berturut- turut.

Syarat sah yang berikutnya adalah suci dari haid dan nifas. Bagi wanita yang baru saja melahirkan dan masih menjalankan masa nifasnya, maka tidak wajib baginya berpuasa. Sama halnya dengan wanita yang sedang haid, maka ia tidak akan sah jika ikut berpuasa. Oleh sebab itu, mereka hanya bisa sah berpuasa jika sudah bersih dari haid dan nifas.

Syarat sah yang harus diketahui untuk puasa selanjutnya adalah mumayyiz. Mumayyiz adalah sifat dimana seseorang sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Biasanya hal ini sudah dimulai dari orang yang berusia 5 tahun ke atas. 

Jika Anda memiliki anak maka sudah bisa diajak berpuasa anak Anda dengan sah. Anda hanya perlu memberikan bimbingan perlahan- lahan kepada sang buah hati mengenai salah satu ibadah wajib umat Islam ini. Syarat sah puasa yang terakhir adalah niat. Niat menjadi hal penting untuk memulai ibadah. Oleh sebab itu, sehingga sebelum berpuasa Anda jangan sampai lupa untuk baca niat berpuasa ya.
Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar